RSS
 

Hunimun Part 2 – Paris

23 Jun

The map

Kesampaian juga akhirnya buat menyambangi kota yang katanya romantis. Yup, alhamdulillah dapet kesempatan buat berkunjung ke Paris bareng sama istri. Trip ini sudah direncanakan jauh-jauh hari dengan beberapa pertimbangan, terutama masalah transportnya. Berhubung jarak dari Arnhem ke Paris masih make senses kalo ditempuh lewat jalur darat, maka diputuskan untuk mengambil jalur darat sambil merasakan kereta cepatnya Prancis yg lumayan kesohor karena kenyamanan n kecepatannya. Gayus Gayung pun bersambut, ternyata sedang ada promosi tiket Thalys untuk perjalanan di bulan Mei untuk tiket PP dari Amsterdam Central – Gare du Nord – Amsterdam. Tanpa panjang lebar, akhirnya ketebus juga 2 tiket PP untukku dan istri seharga hampir sama dengan kereta kelas eksekutip Sawunggalih Selatan.

Tanggal 7 Mei 2011, kami berangkat dari Arnhem ke Amsterdam Centraal buat mengejar kereta pukul 19.00. Hari itu cuaca masih cukup dingin dengan sedikit angin dan mendung karena masa transisi dari winter ke spring. Tepat pukul 19.00, kereta berangkat dari Amsterdam menuju Gare du Nord. Kesan pertama di kereta begitu menggoda, interiornya dominan dibalut warna merah beludru dengan kursi empuk nan nyaman..hmm better than ICE train that I’ve used before..

@thalys

Pukul 22.30, Thalys yang kami tumpangi sampai juga di statsiun Paris Gare du Nord. Walaupun terkantuk-kantuk, kami musti bergegas ‘mencari’ hotel tempat kami menginap. Kami menginap di salah satu cabang hotel Etap di daerah Porte de la Chapelle (http://www.etaphotel.com/gb/hotel-5091-etap-hotel-paris-porte-de-la-chapelle/location.shtml) .. tidak terlalu dekat dengan Gare du Nord, kami harus naik metro 1 kali (M12) dan melewati 2 stasiun metro lain. Belum cukup dengan itu, kami pun musti berjalan 15 menit dari stasiun untuk menuju hotel dengan suasana yang hampir mirip2 dengan tanah abang di malam hari >.<

Hari pertama, langsung kebut buat mengunjungi sightseeing di kota ini. Kami membeli one day ticket metro seharga hampir 9 euro untuk mencapai spot-spot yang kami incar. One day ticket ini lumayan hemat, karena kita banyak naik-turun metro, sehingga kalo beli tiket sekali jalan, kenanya bakal lebih mahal.

Beberapa spot yang wajib dikunjungi di Paris:

Champ de Mars kawasan dimana eiffel tower berdiri dengan tegaknya. Di area ini, pengunjung juga bisa naik ke tower, cuman antrinya ngalah-ngalahin antri sembako. Kalo males mo gugling sightseeing Paris, di  kawasan ini pula, kita bisa membeli tiket untuk muter2 Paris naek kapal dan kapalnya bakal berhenti di spot-spot wisata di Paris.

sekali kali narsis :malu

Metro di Paris

Metro, sebagai sarana angkutan yang murah, mudah dimengerti, tepat guna dan anti nyasar :)

Carrefour

Carrefour yang artinya perempatan jalan, banyak ditemui di Indonesia, cmn kalo sekali-kali pengin merasakan belanja dari tempat aslinya juga bole hehehhe. Hampir disetiap sudut kota di Prancis, supermarket ini selalu exists.

musee du Louvre..sebuah komplek museum dan bangunan-bangunan dengan arsitektur menawan. Konon lukisan asli Monalisa di simpan dibawah Piramida ini. Dan tentunya, bagi penggemar da Vinci Code, tidak asing dengan spot ini. Di ending ceritanya, ternyata Robert Langdon baru menyadari bahwa makam Mary Magdalena berada dibawah piramida ini.

Gereja Notredame

Notredame, masih nyambung ke film juga hehehehe..nongol di awal-awal film van Helsing :)

Titik tengah Kota Paris

Champ Elysees, konon spot ini merupakan titik tengah Kota Paris. Kalo diliat dari google maps, terlihat tata Kota Paris dengan garis tengah berada di spot ini.

Palais Garnier

Former’s name : Opera National de Paris, merupakan tempat dimana Opera Bastile digelar pada abad 19. Sekarang tempat ini berubah menjadi Academie Royale de Musique

eat eat eat

Mau makan yang nyaman di kantong?prinsipnya sama kayak di Indonesia, cari kawasan mahasiswa hehehehe..Kantin ini berada di salah satu universitas di Paris yaitu université sorbonne nouvelle-paris 3 di Censier Daubento. Untuk menu seperti diatas, kenaknya 3 euro. Cukup murah kalo dibandingkan tempat lain yang harganya naudzubillah >.<

Hehehehe

Last but not least..hmm bangunan apakah ini ??? Meski penampakannya agak meragukan dan kumel, ternyata ini toko souvenir. Murahnya ga ketulungan kalo dibandingkan dengan toko souvenir lain di Paris, apalagi jika belinya borongan. Gantungan kunci berbentuk eiffel tower saja bisa ditebus dengan 5 euro, isinyanya ga tanggung-tanggung, 50 biji euy. Plus souvenir-souvenir lainnya yang pastinya nyaman di kantong. How to get there?? naa agak lupa yg satu ini, terutama detail jalannya. Cuman kalo naek metro, tinggal cari stasiun Art et Metiers, naa nyampe sana tinggal nanya ke orang aja, udah deket bet klo pas keluar dari stasiunnya.

Sedikit tips untuk menjelajah kota ini:

  • daerah Paris tidaklah terlalu aman dan agak rawan, jadi hindari pulang malem sendirian, selalu hati-hati dengan bawaan anda
  • Jika ingin seharian mengunjungi sightseeing, mending beli tiket metro harian, karena kenanya lebih murah dibanding beli ngeteng. Cuman kalo mau pake kereta RER keluar kota, ya musti beli tiket lagi (terutama kalo mau ke Istana Versailles yang letaknya di luar kota Paris
  • Jika malas untuk mencari spot sightseeing di google, bisa memanfaatkan trip city tour by bus ato pake kapal. Mereka bakal senang hati (ya iya lah, la wong bayar >.< ) mengantarkan kita ke spot-spot terkenal di kota ini
  • Ketika di sightseeing and ada penjual asongan yang menawarkan souvenir-souvenir, jangan sekali-kali pegang souvenir kalo emang ga niat beli. Prinsip pegang bayar alias harus beli berlaku bagi para pedagang asongan ini T_T .  Kejadian kemaren pas hunting sunset di Eiffel, ada turis Spanyol iseng-iseng pegang, pas mo dilepasin, katanya kudu bayar, parahnya lagi, temen-temen asongan lainnya ikut ngerubutin. Yo wis daripada benjut, kepaksa di beli.

Akhir kata, selamat berjalan-jalan and enjoy :)

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

 
 
  1. Rijza

    June 24, 2011 at 8:19 am

    Hahaha..mantaaaaffffff.. *like this

     
  2. nurrahman

    July 14, 2011 at 3:13 am

    suit suit, romantis banget om marai meri ^_^.
    btw di Paris ada cerita nyi ontosoroh juga ga yah :D

     
  3. helmi

    July 14, 2011 at 8:22 pm

    sopo iku kang Nyi Ontosoroh?

     
  4. avi

    July 24, 2011 at 11:48 pm

    mantaaabss eeuy…salam kenal yaa, insyaAlloh bulan dpn juga mau ke paris nii, btw, utk ke tmpt beli souvenir yg murmer td baik apa ya? he he he sdh inget? bole donk infonya, makasih yaa :)

     
  5. @beh

    July 25, 2011 at 6:44 pm

    barusan iseng2 ane cari di google maps, dapet juga tempatnya
    search aja di google maps :

    Chez Shen SARL?
    39 Rue Maire
    75003 Paris, France

    naa tokonya persis disebalah kanannya resto Chez Shen

     
 

Switch to our mobile site