RSS
 

Journey to The Northest Island of Indonesia

01 Aug

Alhamdulillah kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di Indonesia datang lagi. Kali ini saya mendapat kesempatan untuk mengunjungi pulau paling utara di Indonesia..yup..Pulau Miangas!!

Letak pulau : https://goo.gl/maps/Wu59f5Xbo2B2

Pulau ini masuk dalam wilayah Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud  Provinsi Sulawesi Utara. Secara lokasi, pulau ini sebenarnya lebih dekat dengan Filipina yang hanya berjarak 77 km, sedangkan dari Manado jaraknya mencapai 500 km atau 1 jam lebih perjalanan menggunakan pesawat. Namun tetep loo bro,pulau ini masuk ke wilayah NKRI. Perjalanan sejarah pulau inipun sampai akhirnya menjadi wilayah NKRI hampir sama panjangnya dengan Sinetron Tersanjung yang populer di tahun 90an.

Senin (31/7) pukul 09.00, kami dijadwalkan untuk terbang dari Bandara Sam Ratulanggi-Manado menuju Pulau Miangas dengan menumpang pesawat C 295 milik TNI AU. Terus terang, ini pengalaman pertama saya naik pesawat milik TNI AU, dan agak terkaget dengan layout seat nya yang mirip angkot ditambah dengan fitur non seat belt nya. Mantabh tenan!Perjalanan kami menuju Miangas membutuhkan waktu 1 jam 15 menit. Saya akui, pilot yang mengantar kami ini jago pake banget, kami landing dengan sangat halus di Bandara Miangas tercinta ini.

Pesawat C 295 TNI AU yang mengantar kami PP Manado - Miangas

Beginilah kami di dalam pesawat C 295. Karena kaki kami saling beradu, tingkat sosialisasi penumpang satu dengan lainnya meningkat signifikan ^_^

Snack time!!!

Masyarakat di pulau ini sebagian besar beragama nasrani. Keluar dari bandara, landmark yang paling mencolok di jalan arteri pulau ini yaitu gereja. Mata pencaharian utama penduduk yaitu sebagai petani dan nelayan.

Jalan arteri di Pulau Miangas

Anak-anak SD di Miangas

Fasilitas kesehatan di Pulau Miangas

Pak Polisi yang selalu setia menjaga keamanan di Miangas

Karena sempitnya waktu saya di pulau ini, saya jadi bingung mo cerita apa, ya udah saya cerita urusan kantor saja..ok ok, jadi mengingat Pulau Miangas ini merupakan pulau paling utara di Indonesia, maka pemerintah berupaya untuk menjaga perbatasan NKRI dengan membangun infrastruktur telekomunikasi dan menyediakan akses informasi ke warga di pulau ini.

Studio pemancar RRI di Pulau Miangas

Pulau ini menjadi daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) yang pertama kali menikmati jaringan broadband. Koneksi tentunya menggunakan vsat dengan dana dari program Universal Service Obligation (USO). Untuk layanan akses informasi, di pulau ini telah hadir stasiun radio RRI, tayangan tv digital TVRI serta layanan akses internet di 5 lokasi dengan koneksi VSat.

Gerbang Kecamatan Miangas

Tugu Pos di Pulau Miangas

Yup, mungkin sekian dulu tulisan saya tentang kunjungan singkat ke Pulau Miangas.ttk hbs

 

Leave a Reply

 
 
 

Switch to our mobile site